weak, strong, em, gravity

Akhir-akhir ini gw jadi khawatir sama kuliah, ntah karena kuliah gw ga ada kemajuan atau emang lagi mood aja buat kuliah. Alkisah, Gilang Satria Prayoga praktikum elektronika modul operational amplifier, terus pas mw bikin laporannya, gw lupa nyimpen kertas data praktikum di mana (baca:hilang), ya udah terpaksa gw nyri temen satu kelompok yang datanya sama, ehh tak disangka, dia udah ngerjain dan udah dikumpulin ke asisten..yahhh..tapi untungnya juga gw bisa kenal sama dia, padahal dia sama gw ga pernah kenal sebelum gw nanyain data, dan parahnya gw praktikum bareng dia terus dan baru kenal pas praktikum yang ke 5!..dan ga nyangka juga, tiba-tiba gw kepikiran sama standar model (model yang ngejelasin susunan partikel di dalam atom). Ternyata yang bikin gw jadi kepikiran adalah proses gw bertanya pada temen gw, ato definisi lebih umumnya komunikasi, atau yang lebih umum lagi, “interaksi”. Terus hubungannya interaksi sama standard model apaan dunk? Partikel yang ada di atom, kayak electron, proton, neutron, sampai quark, setau gw, ditemukan karena adanya interaksi di dalem atom, atau ada gaya yang terdeteksi dalam atom yang menyebabkan mereka terdeteksi oleh pengamat. Jadi, atom yang penuh misteri dan tak terlihat itu, akhirnya bisa dipelajari di kuliah jurusan gw karena ada interaksi antar partikel di dalamnya, interaksi disini bukan ngobrol kayak manusia, apa jadinya kalo atom bisa ngomong? tapi interaksi yang sifatnya fisis (gaya/force). Interaksi tiap-tiap partikel ini sifatnya unik, mw kuantitatif pengamatan atau kualitatif rasionalitas, semuanya berbeda, makanya kita jadi tau kalo yang muatannya negative itu electron, positive itu proton, netral itu neutron, semua terbedakan dan bisa dikenali. Coba bayangin kalo manusia ga nemuin itu semua, gimana wajah dunia sekarang? Mungkin kita ga bisa ngeliat kelap-kelip lampu malam, ga ada bom atom, ga ada PLTN, ga ada computer, ga ada TV ga ada ini ga ada itu, kita masih hidup di zaman purba bergaya hidup barbar dan takut gelap kalo itu semua ga bisa ditemuin. Hal yang bikin gw kagum sama semua itu adalah proses interaksi di dlm atom sama dengan proses interaksi manusia, artinya kita ga bisa “exist” kalo kita ga bisa interaksi, kita ga bisa dikenal dan dibedakan sama orang lain kalo kita ga berinterkasi, sama kayak partikel, mereka semua ga bisa dikenali, dipelajari, dimanipulasi, digunain, kalo mereka ga berinteraksi sama partikel lainnya. Jadi, partikel ga pernah ada kalo ga berinteraksi, kita juga sama, kita ga ada kalo ga berinteraksi sama sesama. Seorang Gilang ga akan pernah dipanggil Gilang kalo ga berinteraksi sama sesama manusia. Belajarlah dari atom, bahkan partikel pun bersosialisa

Komentar

  1. Seorang Gilang ga akan pernah dipanggil Gilang kalo ga berinteraksi sama sesama manusia????????

    Ya ampun...uda SEMBUH lu Lang dari Ke-AUTIS-an lu??? hahhahaha....

    Tapi bener itu lang...orang lain itu menurut min OBJECT kita belajar hidup..dare mereka min belajar banyak hal... tapi kan tiap org berbeda...itu pilihan lu!!!

    Intinya....

    Alhamdulillah lu agak INSYAF,,,ckckcckckk

    PEACE

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer