import java.lang.*;

Tentang bahasa.........
saya penasaran mengapa bentuk bahasa-bahasa di Indonesia memiliki bentuk yang berbeda tergantung dengan siapa lawan bicara. Bicara kepada teman, orang tua, orang yang lebih muda, majikan, dan lain-lain. Apakah hal ini berpengaruh pada karakter orang Indonesia? Jika memang iya, maka bisa saya simpulkan bahwa orang Indonesia adalah orang yang menghormati lawan bicara, karena orang Indonesia mempunyai grammar yang berbeda ketika bicara dengan orang tua, muda, atau seumuran.

Lalu jika dibandingkan dengan Bahasa Inggris, maka jelas berbeda. Karena bentuk-bentuk subjek Bahasa Inggris tetap dengan siapapun anda bicara. He, She, I dan You tidak pernah berubah bentuk dan fungsinya jika kita bicara dengan orang tua,muda,atau seumuran. Lalu apakah yang berbeda? Tentu saja apalagi kalau bukan bentuk kata kerja. Bentuk kata kerja Bahasa Inggris berubah bersesuaian dengan waktu, ada Past Tenses, Present Tenses, dll. Lalu apakah hubungannya dengan karakter orang-orang yang sehari-hari memakai bahasa Inggris dengan bahasa yang mereka gunakan?Jika memang ada, maka bisa disimpulkan bahwa orang yang bicara dengan Bahasa Inggris (US, UK, Aust, dan lain2) adalah orang-orang yang menghargai waktu..ya memang mereka menghargai waktu.........

Ada pepatah Inggris yang mengatakan:"Hari ini adalah anugrah, oleh karenanya disebut present (hadiah)"

Komentar

  1. iya bener lang, di indonesia itu yang berkembang adalah budaya maskulin, efeknya bahasa yang digunakan pun masih ada hubungan vertikal...dan orang barat itu sangat menghargai waktu, bisa kita liat di tenses..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer